potretan kecilku :D

ting tung :v

tentang pramuka


MARS AMBALAN


Untuk membangun nusa dan bangsa                                                                           
Bangunlah wahai kaum pramuka
 Tegakkan persatuan dan kesatuan                                                
Demi utuhnya Negara

Kami pramuka MAN 1 Yogyakarta                                 
Berjuang kokohkan pancasila                                                                            
Dengan semangat ,belajar, meraih cita-cita
Berguna tuk agama dan bangsa

Dengan smangat sumpah pemuda
Mari ikut membangun Negara
Sbagai penerus generasi muda
Mental kuat tak kenal putus asa 








                                                                                                                                                                          

Assalammualaikum teman.. J
      Sebelumnya , saya mau tanya. Apakah teman-teman tahu tulisan yang berwarna hijau di atas? Nah, bagi yang belum mengerti apa maksud dari tulisan-tulisan di atas kuberitahu deh. Itu adalah lagu mars ambalan MAN 1 Yogyakarta. Kerenkan..  Ada yang tahu nggak kenapa di depan sendiri aku cantumin itu lagu mars ambalan? Kukasih tahu lagi, kali ini aku bakalan mbahas sedikit tentang pramuka, sejarah pramuka, dan pengalamanku diorganisasi pramuka MANSA.
     Kita langsung masuk babnya aja ya.. Pramuka adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sifatnya wajib untuk diikuti di MANSA. Nih, kukasih tau sedikit tentang  pramuka teman.. J
Pramuka kepanjangan dari Praja Muda Karana yang artinya orang-orang muda yang berkarya.

Pramuka adalah sebutan yang diberikan kepada seseorang yang mempelajari gerakan pramuka.

Gerakan pramuka adalah suatu nama organisasi pendidikan luar sekolah yang menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan.

Kepramukaan adalah teori-teori yang dipelajari dalam gerakan pramuka.

      Sedikit sejarah tentang pramuka : 

Gagasan Boden Powell yang cemerlang dan menarik itu akhirnya menyebar ke berbagai negara termasuk Netherland atau Belanda dengan nama Padvinder. Oleh orang Belanda gagasan itu dibawa ke Indonesia dan didirikan organisasi oleh orang Belanda di Indonesia dengan nama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda). 


Oleh pemimpin-pemimpin gerakan nasional dibentuk organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan nasional. Sehingga muncul bermacam-macam organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon). 



Dengan adanya larangan pemerintah Hindia Belanda menggunakan istilah Padvindery maka K.H. Agus Salim menggunakan nama Pandu atau Kepanduan.

   Hehe, sekarang kalian udah sedikit tahu tentang sejarah pramuka kan? Dan kita lanjut kebagian yang selanjutnya, yaitu bagian sedikit cerita tentang pengalamanku diorganisasi pramuka MANSA ini. Oke, ketika pertama kali aku masuk di MANSA, sebenarnya aku tidak begitu tertarik dengan yang namanya Pramuka, bahkan sejak aku duduk di bangku sekolah dasar pun, aku tidak begitu minat dengan bidang ini. Setelah aku masuk di MANSA, aku bertanya kepada salah satu kakak kelas, tentang organisasi pramuka di MANSA ini. Dan dia dengan sabar menjawab pertanyaanku. Karena dia juga salah satu orang yang mengikuti organisasi pramuka dan menjadi keluarga pramuka. Setelah dia bercerita banyak tentang pramuka MANSA, aku rupanya mulai sedikit tertarik dengan pramuka. Dan aku bilang ke dia, kalau aku ingin masuk di organisasi pramuka.  Dia pun memberiku semangat ketika aku ingin masuk diorganisasi pramuka. Aku terpacu untuk masuk diorganisasi dan menjadi salah satu anggota keluarga besar pramuka MANSA. Dan alhamdulillah, keinginanku itu sudah terwujud. Tidak disangka-sangka sekarang aku sudah menjadi seorang yang telah mencapai ditingkatan Bantara. Awalnya aku ragu untuk berkecimpung di dunia kepramukaan, sekarang saya menjadi ketagihan dan ingin lebih menyelami dunia pramuka.
    Nah , ini dia sedikit ceritaku di dunia kepramukaan. Ingin tahu lebih lanjut lagi tentang ceritaku di dunia pramuka? Tunggu aja ya, aku pasti bakalan posting lagi kelanjutan ceritaku ini. Bye byee ..
Wassalamualaikum teman … 





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar