potretan kecilku :D

ting tung :v

Pengalaman PDT 2012



 
PDT pada tahun di 2012 kali ini mengambil rute Pangeran Diponegoro. Sebelum kami pergi untuk mengembara, kami pangkalan MANSA pada setiap harinya menjalani latihan-latihan khusus guna persiapan mengikuti PDT pansar Pangeran Diponegoro. Sebelumnya, kami semua yang mengikuti PDT menjalani proses seleksi, semacam tes wawancara dan tes fisik. Setelah menjalani tes fisik dan tes wawancara aku harap-harap cemas, guna bisa lolos untuk mengikuti PDT nanti. Menurut saya, tes fisiknya lumayan berat. Karena saya belum terbiasa dan belum pernah mengikuti PDT sebelumnya,ya itu dikarenakan saya baru duduk di kelas sepuluh. Ya jadi pantas sajalah belum mengerti latihan-latihan fisik seperti itu. Setelah sekian lama kami, terutama saya menunggu hasil tes keseluruhan, dan akhirnya
pengumuman itu pun datang juga. Alhamdulillah sekali, ternyata saya lolos untuk menjadi anggota PDT J .
Minggu demi minggu, hari demi hari kami lewati untuk latihan di setiap harinya setelah pulang sekolah tepat di depan sanggar pramuka. Awalnya kami semua merasa terbebani untuk menjalankan latihan rutin tersebut, tetapi lama kelamaan saya dan teman-teman yang lain merasa menjadi terbiasa untuk melakukan hal setiap harinya. Ya , latihan itu diadakan pada setiap hari. Sampai-sampai pada hari Minggu pun kami harus rajin berangkat ke sekolah. Yang seharusnya di hari Minggu itu kami anak-anak sekolah menggunakan pada hari itu untuk merefreshing diri, tetapi kami anak-anak PDT menggunakan hari itu untuk latihan rutin, kami jalani itu semua dengan penuh rasa santai tetapi tetap serius. Dan akhirnya hari yang kita-kita tunggu itu datang juga. Ketika itu pada tanggal 26 Desember 2012 tepat di hari Rabu. Kami PDT selama lima hari. Yaitu pada tanggal 26 sampai 30 Desember. Pada hari pertama kita semua juga dari sekolah-sekolah SMA/SMK/MA lainnya mengikuti apel terlebih dahulu di museum Diponegoro , karena di situ jugalah awal dari perjalanan PDT kami.
Yang tidak kusangka adalah aku di sana bertemu dengan teman rumah ku. Ketika aku pertama kali melihat dia, aku melihatnya sedang duduk di dalam mobil ambulan. Karena dia di sana bertugas menjadi petugas kesehatan dari Dewan Saka Bhakti Husada. Ketika aku di dekat mobil ambulan itu, kusapa dia dengan senyum. Dia juga meresponku dengan senyuman. Namanya adalah Gery. Nah , ketika apel suasana di sana (lapangan) sangat panas, sehingga membuat beberapa teman kami yang dari sekolah lainnya jatuh pingsan. Dan yang pingsan itu adalah orang yang tepat berdiri di samping kanan kiriku. Dan untungnya petugas kesehatannya cepat bertindak. Setelah kami semua mengikuti apel, kami semua di lepas untuk mengawali pengembaraan kita. Di sepanjang perjalanan menuju pos satu awalnya kami semua menyambutnya dengan penuh semangat yang membara juga menyanyikan semua yel-yel yang telah kita buat sebelumnya.
Kami mengawali pengembaraan itu menggunakan  pakaian pramuka lengkap, nah di tengah-tengah perjalanan, pangkalan kami berhenti sejenak untuk mengganti pakaian olah raga, agar perjalanan kami tidak ribet. Setelah sekian lama kami berjalan, kami putuskan untuk berhenti guna isitirahat. Waktu itu kami isitirahat di pinggir jalan dan tepat di depan rumah warga. Ketika kami sedang asyik beristirahat tiba-tiba ada salah seorang ibu-ibu yang membawakan kami satu pack kue brownies. Awalnya teman kami menolak pemberian kue itu tetapi ibu itu memaksa kami untuk menerima kue brownies tersebut. Tetapi di dalam hati yang paling dalam kami menginginkannya *hahaha J dan pada akhirnya kami terima kue brownies itu. Kami pun melanjutkan pengembaraan kami untuk menuju ke pos satu. Belum sampai di pos satu, aku sudah merasa lelah sekali. Penyebab dari kelelahan itu ada beberapa sebab. Yang pertama karena membawa beban yang sangat berat dan yang ke dua karena kakiku sudah sangat sakit untuk berjalan. Rute dari pengembaraan kami adalah rute perang Pangeran Diponegoro yaitu sekitar Kulon Progo, Goa Selarong , Bantul.
Ketika aku sudah merasa lelah sekali, tiba-tiba mbak Vinna mengulurkan tongkatnya kepadaku. Awalnya aku bingung kenapa dia tiba-tiba mengulurkan tongkatnya. Dan mbak Vinna pun langsung ngomong ke aku. “Ayok dek ku geret aja,pake tongkat ku..”. Aku pun mengerti apa yang dimaksud dia. Dia ingin meringankan rasa lelahku, dengan cara menggeretku. Eee dalam hatiku aku mengerti bahwa sesungguhnya dia juga merasa lelah. Aku salut dengan rasa kekeluargaan mbak Vinna. J Setelah sekian lama kita jalan guna menuju ke pos satu, akhirnya kita sampai di pos satu. Sebelum saya sampai di pos satu ada serangkaian kejadian yang tidak terduga, contohnya saja ketika mbak Vinna sudah merasa sangat lelah meggeretku, dia menyerahkan tongkatnya kepada Teddyàbagaikan tongkat estafet yang dilemparkan ke orang lain. Teddy pun menerima tongkat itu dengan senag hati. Nggak tau kenapa dia seperti tidak merasa terbebani dengan kedatanganku bersama tongkat itu. Teddy menggeretku dengan rasa senang sekali, disamping kita hanya berjalan berdua ketika itu, di sana kita jalan bersama kakak Kopja yang menurut kita dia itu sangat ramah. Disepanjang perjalanan dia menceritakan tentang pengalaman PDTnya yang tahun lalu. Saya dan Teddy pun mendengatkan ceritanya beliau dengan seksama tetapi tetap santai. J Disepanjang perjalanan saya dan Teddy sering sekali membuat teka-teki dan sharing tentang pengalaman pribadi. Misalnya saja dia sharing kepada saya tentang pengalaman dia sepanjang dia pacaran dengan anak SMK 6. Dia bercerita bahwa dia jarang sekali bertemu dengan pacarnya. Bahkan hanya sebulan sekali mereka bertemu,atau mungkin setahun sekali,eee entaahlaah. Lalu dengan spontan aku bertanya ke dia, “eh Ted, pacarmu itu hebat yaa bisa bertahan sama kamu walaupun jarang ketemu sekali pun..” Teddy dengan senyum malu-malu kucingnya kemudian menjawab, “hahaha.. aku sak jane yo bingung lho Rul, tapi aku yo have fun aja kok LDR an kaya ginih… :p” Aku pun tertawa ketika mendengar dia berkata seperti itu, tapi ya sudahlah, kan setiap orang memiliki kepribadian dan sifat yang unik. J Aku senang memiliki teman yang seperti dia, sangat terbuka J


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar